Pengenalan Blender

11:38 PM
Pengenalan  Blender

Blender  adalah  aplikasi  grafis  3D  yang  dirilis  sebagai  perangkat  lunak bebas  (open  source)  di  bawah  GNU  General  Public  License.  Blender dapat  digunakan  untuk  modeling,  UV  unwrapping,  texturing,  Rigging, water  simulations,  skinning,  animating,  rendering,  particle,  dan simulations,  non-linear  editing,  compositing,  dan  membuat  interactive  3D applications,  termasuk  games.   Blender  tersedia  untuk  sejumlah  Operating  System  (OS)  antara  lain: Linux,  Mac OS  X,  dan Microsoft  Windows.  Features  yang  termasuk  dalam software  Blender  ini  di  antaranya  advanced  simulation  tools  seperti  rigid body,  fluid,  cloth  and  softbody  dynamics,  modifier  based  modeling  tools, powerful  character  animation  tools,  a  node  based  material  and compositing  system  dan  Python  untuk  scripting.

 GNU adalah GNU’s Not Unix(Linux)
 Modelling adalah Pemodelan objek
 UV unwrapping adalah Penataan Texture
 Texturing adalah Proses pemberian sesuai tiket benda
 Rigging adalah Proses pemberian tulang pada objek
 Water Simulations adalah animasi dengan efek air (fluid)

 Skinning adalah proses pengulitan objek,
 Animating adalah proses menganimasikan
 Rendering adalah proses mengubah objek geometri menjadi image
 Particle merupakan animasi efek untuk zat cair, gas, api
 Simulations adalah animasi berbasis simulasi
 Rigid body adalah penulangan objek manusia
 Fluid adalah animasi efek zat cair
 Cloth merupakan efek animasi lipatan kain
 Compositing fitur komposisi video
 Modifier based modeling tools adalah fitur untuk memodifikasi modelling menjadi lebih nyata
 Phyton adalah bahasa pemrograman blender
 Powerfull character animation tools adalah fitur pelengkap pemodelan berbasis karakter animasi
 Scripting adalah proses pemberian coding bahasa pemrograman.

Contoh video animasi yang dihasilkan oleh Blender, terdapat pada CD buku pendukung

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan